Tips Memilih Jurusan bagi siswa kelas XII

Memilih juruasan kuliah memang bisa dibilang mudah-mudah gampang. Tetapi jika salah pilih tentu ada resiko yang mesti dihadapi, resiko bila salah jurusan bukan saja membuat kita menjadi kurang nyaman saat menjalani aktivitas kuliah. Tetapi juga proses penyerapan ilmu pengetahuan juga menjadi tidak maksimal. Bahkan, hal terburuk lain adalah melanjutkan kuliah menjadi terbengkalai sehingga harus pindah ke jurusan baru.

Pemilihan jurusan terkadang beberapa nama jurusan yang terdapat mirip meskipun sejatinya sangat berbeda, misalnya yang paling jelas adalah memilih jurusan manajemen atau jurusan tersebut memiliki banyak cabang yang berbeda dan banyak diminati.

Sebagian orang memilih jurusan kuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan terjamin itu cuman beberapa orang yang mengembangkan minat dan hobi. Memiliki arternatif pilihan jurusan, memiliki berbagai arternatif pilihan jurusan berguna saat hal-hal diluar rencana terjadi. Pertimbangan memilih jurusan dapat dijadikan indikator untuk pilihan. Passion yang jelas akan menuntukan memilih jurusan karena telah mempersiapkan sejak masa pemilihan saat memutuskan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi

  1. Kenali diri Sendiri

Kenali diri sendiri untuk dapat mengetahui potensi diri dan minat diri. Mengenali diri sendiri yang harus disadari sebelum memilih jurusan, siswa harus mengetahui potensi apa yang menonjol pada diri sendiri.




Yang paling penting untuk kenali diri sendiri itu, harus coba untuk memahami apa saja kekuatan diri kita dan apa saja kelemahan pada diri kita sendiri, misalnya diri kita takut dengan matematika dan hitungan, kuat di verbal atau kuat di ingatan atau misalnya diri kita kuat dalam bahasa misalnya karena pemahaman terhadap bahasa konsep.

  1. Pahami Jurusan

Calon mahasiswa harus mengenal betul jurusan yang akan diambil, mencari informasi di situs website kampus hingga jurusan. Pahami program apa saja di sana dan kurikulum pembelajaran jurusan yang diambil.

  1. Lihat Rekam Jejak Lulusan

Liat rekam jejak lulusan, rekam jejak lulusan kuliah itu penting karena dapat membangkitkan mimpi yang telah direncanakan. Sehingga memdapat gambaran untuk siap secara mental saat studi pada masa sekolah.

  1. Konsultasi dengan Orang Tua

Konsultasi dengan orang tua adalah sebagai inisiasi anak dengan orang tua, menentukan titik terang suatu masalah memilih jurusan.

“Sering kalau misalnya problem komunikasi itu dimulai dari anak, maka anak ini boleh bertanya misalnya (Kenapa ayah atau ibunya itu meminta pilihan jurusan itu) Karena sering anak di push itu di jurusan tertentu, padahal sebenernya mungkin passion anak itu tidak di situ aja.

5.Tanggung Jawab

Pilihan tetap akan muncul, apapun setiap pilihan itu harus diikuti dengan sikap tanggung jawab yakin bersungguh-sunggu dan melakukan dengan optimal.

Cara pemilihan jurusan kuliah berkonsultasi dengan mereka yang berpengalaman yang bisa bertanya dan dapat mendengarkan pengalaman serta bisa dari masukan dari orang tua, guru atau kakak tingat selama di sekolah. Jika masih buta dengan pemilihan jurusan bisa diambil atau di tentukan masukan dari mereka yang akan diambil. Soal sharing pengalaman menentukan jurusan ini sangat penting dilakukan, tiap sekolah bisa memberikan ruang berbagi pengalaman dari alumni siswa yang telah lulus kepada siswa yang akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri / di swasta.

Pemilihan jurusan biasa dilihat dengan peluang di dunia kerja juga penting karena besar kemungkinan setelah lulus bisa langsung diterima kerja, atau pemilihan jurusan bisa mencari informasi dari orang terdekat atau rekan yang telah memilih karir agar bisa menjadi menjadi acuan ingatan pilihan tetap ada di diri kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.